Sabtu, 24 Juli 2021
Seleksi

CALON PASKIBRAKA HSU IKUTI TES PEMBINAAN IDEOLOGI PANCASILA

AMUNTAI – Terlihat berbeda dengan tahun sebelumnya, dalam pelaksanaan seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) tahun ini peserta diwajibkan mengikuti tes Pancasila secara online yang dilaksanakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), di Gor Raga Buana, Kamis (22/7/2021).

Kepala Bidang (kabid) Kepemudaan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Nazaruddin mengatakan tes ini diselenggarakan langsung oleh BPIP Republik Indonesia yang ditujukan bagi calon Paskibraka di seluruh Indonesia.

Hal tersebut dilaksanakan berdasarkan melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 13 tahun 2021 tentang pembinaan ideologi pancasila terhadap generasi muda melalui program Paskibraka.

“Tes ini dilakukan melalui aplikasi (halaman website) perisai.bpip.go.id.” ucap Nazaruddin.

Berdasarkan informasi petunjuk dari Provinsi Kalimantan Selatan hasil tes Pembinaan Idelogi Pancasila tersebut akan diumumkan ke nomor Whatsupp masing-masing peserta.

Dalam hal ini para peserta yang telah mengikuti tes Pancasila, hasil dari penilaian langsung di cetak setiap peserta tes untuk disampaikan ke pihak Disporapar sebagai kelengkapan administrasi.

Nazaruddin berharap, dengan adanya tes Pembinaan Ideologi Pancasila ini bisa menjadi salah satu alat ukur kelulusan seleksi dalam pengetahuan wawasan calon Paskibraka tentang Pancasila.

Senada dengan itu Pembina Paskibraka HSU Noor Fadilah juga berharap dengan adanya tes ini kedepannya para calon Paskibraka yang nanti dikukuhkan menjadi Paskibraka menjadi orang yang berkarakteristik jiwa Pancasila.

Disampaikan Fadilah, para pelajar yang mengikuti seleksi Paskibraka tahun ini sebanyak 250 pendaftar dari seluruh perwakilan SLTA di Hulu Sungai Utara dan lolos terpilih hanya 40 orang dan dipilih lagi 6 orang untuk mewakili di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

“Alhamdulliah dari 6 orang yang dipilih, ada 4 orang yang lolos terpilih untuk mewakili di tingkat Provinsi (Kalsel)yaitu sekolah dari SMAN 1, MAN 1, MAN 2 dan terakhir dari SMK 1.” katanya.

Adapun Muhammad Adli Rafi dari MAN 2 HSU mengungkapkan sangat antusias mengikuti tes Pembinaan Ideologi Pancasila ini karena dengan mengikuti tes ini bisa mendapatkan sertifikat dari BPIP.

Dirinya juga mengatakan, walaupun saat pengerjaan tes sempat terkendala dikarenakan adanya gangguan teknis seperti jaringan bermasalah dan website sulit di akses. Ia berharap Kedepannya bisa lebih baik lagi.

Hal serupa juga dikatakan calon Paskibraka HSU Devi Tri Larasati dari SMAN 1, ia berharap kegiatan tes Pembinaan Ideologi Pancasila ini bisa berlanjut di tahun-tahun berikutnya. (Diskominfo/Ricky/Aspani)

Leave a Response

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!
%d blogger menyukai ini: